Abstract :
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pada
pengaruh celebrity endorser dan iklan terhadap minat beli konsumen e-commerce
Lazada pada masyarakat kota Batam. Dalam penelitian ini punya metode analisis
menggunakan analisis kuantitatif dan peralatan analisis untuk mendapatkan data
dengan melalui penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini menganalisis jumlah
sampel sebesar 100 responden untuk menjawab setiap pernyataan kuesioner yang
telah disebarkan untuk mendapatkan data. Pada data yang telah dapat dari
penyebaran kuesioner dianalisiskan dengan bantuan alat yaitu SPSS (Statistical
Package for the Social Sciences) versi 25 untuk analisis regresi linear berganda
dan uji hipotesis dengan bertujuan menemukan pengaruh celebrity endorser dan
iklan terhadap minat beli konsumen e-commerce Lazada pada masyarakat kota
Batam. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel celebrity endorser 3.107>1.98472
dengan sig 0.002<0.05 membuktikan bahwa celebrity endorser berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli, iklan 3.235>1.98472 dengan sig
0.002<0.05 membuktikan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli. Sedangkan hasil uji F menunjukkan nilai fhitung sebesar
24,834>3,09 dengan sig 0.000<0.05 membuktikan bahwa variabel (X1) celebrity
endorser dan variabel (X2) iklan secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel (Y) minat beli.