Abstract :
Seiring perkembangan teknologi saat ini, Media edukasi digital dapat digunakan
sebagai pendukung pembelajaran siswa, yang mampu memberikan metode
pengajaran bervariasi untuk guru sehingga para siswa tidak merasa jenuh saat
pembelajaran berlangsung. Namun, saat ini masih banyak sekolah yang belum
memanfaatkan teknologi dalam bidang pendidikan yang memerlukan metode
berbeda, seperti materi pengenalan hardware komputer pada mata pelajaran TIK
untuk anak SMP. Hingga saat ini, peralatan di sekolah sangat terbatas dan para guru
masih menggunakan metode yang konvensional menggunakan alat berupa buku
dan gambar 2D yang hanya diperlihatkan kepada siswa tanpa adanya praktik
sehingga para siswa tidak mempunyai pemahaman yang luas mengenai informasi
dan kegunaan Hardware Komputer. Pada penelitian ini akan diketahui bagaimana
merancang dan mengimplementasikan sebuah media pembelajaran digital dengan
3D pada Objek Hardware Komputer. Metode pada penelitian ini menggunakan
Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), serta metode Marker based
tracking yang dijadikan acuan untuk menampilkan objek 3D dan aplikasi ini dapat
digunakan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Aplikasi
ini dirancang dengan bantuan software seperti Unity 3D, Vuforia, Adobe
Photoshop, Blender 3D, Visual studio serta bahasa pemrograman C# (C Sharp).
Hasil yang diciptakan oleh penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality
Pengenalan Objek 3D Hardware Komputer Dengan Metode Marker Based
Tracking. Dengan diciptakannya aplikasi augmented reality ini, diharapkan dapat
menambah minat belajar dari para siswa mengenai materi pengenalan hardware
komputer pada tingkat sekolah