DETAIL DOCUMENT
Augmented Reality Pengenalan Objek 3D Hardware Komputer Dengan Metode Marker Based Tracking
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Yongky, Yongky
Subject
004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 
Datestamp
2022-04-25 03:10:23 
Abstract :
Seiring perkembangan teknologi saat ini, Media edukasi digital dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran siswa, yang mampu memberikan metode pengajaran bervariasi untuk guru sehingga para siswa tidak merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung. Namun, saat ini masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan teknologi dalam bidang pendidikan yang memerlukan metode berbeda, seperti materi pengenalan hardware komputer pada mata pelajaran TIK untuk anak SMP. Hingga saat ini, peralatan di sekolah sangat terbatas dan para guru masih menggunakan metode yang konvensional menggunakan alat berupa buku dan gambar 2D yang hanya diperlihatkan kepada siswa tanpa adanya praktik sehingga para siswa tidak mempunyai pemahaman yang luas mengenai informasi dan kegunaan Hardware Komputer. Pada penelitian ini akan diketahui bagaimana merancang dan mengimplementasikan sebuah media pembelajaran digital dengan 3D pada Objek Hardware Komputer. Metode pada penelitian ini menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), serta metode Marker based tracking yang dijadikan acuan untuk menampilkan objek 3D dan aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Aplikasi ini dirancang dengan bantuan software seperti Unity 3D, Vuforia, Adobe Photoshop, Blender 3D, Visual studio serta bahasa pemrograman C# (C Sharp). Hasil yang diciptakan oleh penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality Pengenalan Objek 3D Hardware Komputer Dengan Metode Marker Based Tracking. Dengan diciptakannya aplikasi augmented reality ini, diharapkan dapat menambah minat belajar dari para siswa mengenai materi pengenalan hardware komputer pada tingkat sekolah 
Institution Info

Universitas Putera Batam