Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan promosi
terhadap keputusan menginap di Pacific Palace Hotel. Penelitian ini bersifat
kuantitatif dengan jumlah populasi 11.826 dan sampel sebanyak 100 orang
diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Kuesioner adalah instrumen
penelitian ini. Pengolahan data menggunakan SPSS 26 dan dari hasil perhitungan
diketahui bahwa fasilitas menghasilkan thitung > ttabel (3,763 > 1,9847) dengan
signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga fasilitas mempengaruhi keputusan menginap.
Dan thitung (4,386 > 1,9847) ttabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05 untuk
variabel promosi yang berarti promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan menginap. Hasil uji F menunjukkan fhitung > fttabel (39,278 > 2,70)
dengan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga fasilitas dan promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Nilai R Square adalah 0,447.