Abstract :
Pesatnya pertumbuhan industri di Kota Batam telah memicu peningkatan
kebutuhan manusia akan tempat tinggal atau tempat tinggal sebagai tempat
beristirahat. Pembelian aset berupa properti atau perumahan juga merupakan salah
satu cara terbaik yang banyak dipilih orang untuk menginvestasikan uangnya.
Ketatnya persaingan antar developer di Kota Batam menjadi salah satu alasan para
developer di Batam berusaha memberikan penawaran terbaik untuk menarik
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi
dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah 134 responden dengan teknik probability sampling.
Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier
berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
semua data penelitian valid dan reliabel. Dari hasil uji t diketahui bahwa t hitung
untuk variabel harga (X1), promosi (X2), kualitas pelayanan (X3) > t tabel 1,978
dengan signifikansi < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis
pertama, kedua dan ketiga diterima. Nilai f menunjukkan F hitung > Ftabel 2,69
dan signifikansi < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas
merupakan variabel penjelas yang signifikan terhadap variabel terikat.