Abstract :
Kebutuhan masyarakat terhadap sarana transportasi yang mudah dan cepat pada
saat ini sangat penting. Pilihan untuk menggunakan metode transportasi sangat
berbeda, salah satu metode transportasi darat yang menyederhanakan dan
mempercepat waktu tempuh adalah penggunaan sepeda motor. Pada era globalisasi
saat ini, sepeda motor banyak diminati dikarenakan harga yang mudah dijangkau
untuk dijadikan sebagai transportasi pribadi. Kebutuhan transportasi yang semakin
meningkat memberikan ruang bagi industri otomotif khususnya sektor sepeda
motor. Banyak kendaraan roda dua dengan model, desain, promosi menarik dan
tentunya dengan harga yang tidak kalah saing serta mampu memberikan kualitas
pelayanan yang baik. Hal ini merupakan peluang bagi perusahaan otomotif untuk
menguasai pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh promosi
penjualan, harga dan layanan purnajual terhadap keputusan pembelian motor
Honda di PT Capella Dinamik Nusantara. Perancangan penelitian ini menggunakan
desain penelitian dan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data
dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden yakni konsumen PT Capella
Dinamik Nusantara Cabang Nagoya di Tahun 2021. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa promosi penjualan, harga dan layanan purnajual secara parsial
dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji
koefisien determinasi menunjukkan bahwa promosi penjualan, harga dan layanan
purnajual memengaruhi keputusan pembelian sebesar 78,5 persen, sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.