Abstract :
Industri perhotelan berperan penting sebagai salah satu sector penunjang pariwisata.
Bisnis hotel berkembang pesat karena meningkatnya permintaan untuk layanan
tersebut serta peluang yang berkembang untuk perjalanan. Untuk mempertahankan
posisi yang dipegang dan untuk bersaing di masa depan, perlu untuk menyediakan
layanan dan fasilitas dengan mana pelanggan lama dapat dipertahankan, dan
pelanggan baru dapat ditarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan di Wisma Ramayana Tanjungbatu
Kundur. Dalam metode penelitian ini adalah penelitian kausalitas kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner kepada 132 responden. Teknik
analisis data menggunakan analisis validitas, reabilitas, normalitas, multikolinearlitas,
heteroskedastistas, analisis regresi linear, uji t dan uji F dengan alat bantuan hitung
SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 22. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kualitas pelayanan, fasilitas memiliki signifikan secara parsial dan silmultan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji nilai R Square
menunujkkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas sebesar 83.1%, sedangkan sisanya
sebesar 16,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hasil uji T menunjukan nilai kualitas pelayanan variabel t hitung adalah hitung
15,115 l dan fasilitas adalah 6,119, nilai kedua variabel ini lebih besar dari t tabel
sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh
positif dan signifikan secara bersam-sama terhadap kepuasan pelanggan