DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Wisma Ramayana Tanjungbatu Kundur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Diani, Diani
Subject
658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM 
Datestamp
2024-12-02 04:06:29 
Abstract :
Industri perhotelan berperan penting sebagai salah satu sector penunjang pariwisata. Bisnis hotel berkembang pesat karena meningkatnya permintaan untuk layanan tersebut serta peluang yang berkembang untuk perjalanan. Untuk mempertahankan posisi yang dipegang dan untuk bersaing di masa depan, perlu untuk menyediakan layanan dan fasilitas dengan mana pelanggan lama dapat dipertahankan, dan pelanggan baru dapat ditarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan di Wisma Ramayana Tanjungbatu Kundur. Dalam metode penelitian ini adalah penelitian kausalitas kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner kepada 132 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas, reabilitas, normalitas, multikolinearlitas, heteroskedastistas, analisis regresi linear, uji t dan uji F dengan alat bantuan hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas memiliki signifikan secara parsial dan silmultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji nilai R Square menunujkkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas sebesar 83.1%, sedangkan sisanya sebesar 16,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji T menunjukan nilai kualitas pelayanan variabel t hitung adalah hitung 15,115 l dan fasilitas adalah 6,119, nilai kedua variabel ini lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan secara bersam-sama terhadap kepuasan pelanggan 
Institution Info

Universitas Putera Batam