Abstract :
Kesehatan merupakan salah satu aspek yang menentukan seberapa tinggi atau rendahnya standar hidup manusia karena kesehatan dibutuhkan dalam menopang semua aktivitas hidup seseorang. Dalam mengupayakan kesehatan yang menjangkau keseluruh lapisan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang diberi amanat dan tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan masyarakat ditiap wilayah kecamatan dari Kabupaten/Kota. Berdirinya puskesmas harus diutamakan sebagai sarana dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan yang menggunakan metode promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Tanjung Sengkuang. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik non propobability sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji statistika. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; (2) fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; (3) kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.