Abstract :
Seiring dengan berjalannya waktu dalam dunia bisnis mengakibatkan persaingan yang
tinggi, masing-masing perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan perlu
beradaptasi dengan memanfaatkan penyaluran barang dan memahami kualitas dari
produk yang akan dipasarkan, sehingga pelanggan dapat memutuskan pembelian
diperusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh distribusi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian PT Mulia
Makmur Lestari. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan Nonprobability sampling yang memakai sampling jenuh dengan kriteria seluruh pelanggan
toko grosir dan perusahaan di PT Mulia Makmur Lestari sebanyak 210 responden.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang
telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas,uji
asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas
dan uji heteroskedastistas, uji pengaruh dalam penelitian menggunakan analisis regresi
linear berganda dan analisis koefisien determinasi (R2
), sedangkan uji hipotesis dalam
penelitian menggunakan uji t dan uji f dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic
Product and Service Solution) versi 26. Hasil dari uji t menunjukkan distribusi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji f, untuk variabel terikat yaitu
keputusan pembelian, bahwa distribusi dan kualitas produk secara bersamaan dan
simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Mulia Makmur
Lestari.