Abstract :
Alat bantu pembelajaran yakni permainan edukasi huruf akan memudahkan murid memahami materi pembelajaran yang di terangkan oleh para guru. Pembelajaran yang diajarkan dan diterangkan haruslah menyenangkan sehingga memberikan kesan yang baik pada peserta didik. Dalam permainan mengenal nama hewan dengan menyusun huruf-huruf, peserta didik akan bermain bersamaan menyusun huruf untuk membentuk suatu nama, dengan menginputkan satu persatu huruf pada kolom yang tersedia akan membantu siswa mengingat nama hewan sesuai gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan game edukasi sebagai sarana edukasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas I dan untuk mengetahui respon siswa menggunakan game sebagai sarana edukasi dengan pengenalan nama dasar hewan. blot metode penelitian adalah pengembangan atau dikenal dengan metode penelitian dan pengembangan. Klasifikasi dalam proses ini adalah analisis, penggambaran, pengembangan, implementasi dan pengujian. Tesnya berupa konfirmasi oleh seorang ahli atau ahli media dan sangat informatif. Media tersebut kemudian diujicobakan kepada siswa. Setelah validasi, media memenuhi standar interaktif yang sesuai, dan pengujian atau penelitian diperlukan untuk menentukan kualifikasi di lapangan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 001, Batam, dan melibatkan 38 siswa. Dalam penelitian ini, hasil dari game edukasi yang termasuk dalam kategori ini sangat aplikatif. Mudah digunakan untuk setiap siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media edukasi permainan pembelajaran penyusunan abjad nama-nama binatang untuk sekolah dasar kelas satu bermanfaat sebagai sarana dalam proses pembelajaran.