Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan pada Pasar Botania 2 Batam dengan menggunakan teknik sampling simple random dengan jumlah sampel 104 responden yang merupakan penyewa di Pasar Botania 2 Batam. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dan analisis koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t, uji f dan uji sobel yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 25. program Uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh dari variabel kualitas pelayanan dan harga sebesar 82,8% terhadap kepuasan pelanggan sedangkan diperoleh dari variabel kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan sebesar 88,6% terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t menunjukkan nilai kualitas pelayanan 2,309 > 1,983 dengan sig 0,023 < 0,05 artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, nilai harga 11,682 > 1,983 dengan sig 0,000 < 0,05 artinya harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, nilai kualitas pelayanan 2,467 > 1,983 dengan sig 0,015 < 0,05 artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, nilai harga 6,050 > 1,983 dengan sig 0,000 < 0,05 artinya harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, nilai kepuasan pelanggan 6,922 > 1,983 dengan sig 0,000 < 0,05 artinya kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji sobel menunjukkan nilai kualitas pelayanan 2,18 > 1,96 dengan sig 0,028 < 0,05, artinya kualitas pelayanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan. Nilai harga 5,96 > 1,96 dengan sig 0,00 < 0,05 artinya harga berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan