Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Butar, Masro Shausi Butar
Subject
004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Datestamp
2024-12-02 02:54:05
Abstract :
Saat ini, industri kosmetik terus berkembang seiring dengan peningkatan
ekonomi. Di industri ini, inovasi untuk perawatan kulit atau perawatan tubuh lebih
banyak menarik konsumen. Kiki Ms Glow merupakan salah satu retail yang
menjual kosmetik dan bodycare. Dalam bertransaksi, mereka menggunakan uang
tunai dan laporan manual. Oleh karena itu, analisis cross selling konsumen
diperlukan untuk mengetahui pola beli konsumen dan pertumbuhan penjualan.
Cara untuk mengetahui kondisi pengamatan data transaksi penjualan dengan
menggunakan data mining. Metode yang digunakan untuk menganalisis keranjang
pasar adalah aturan asosiasi. Aturan asosiasi mampu memberikan rekomendasi
produk, sehingga strategi pemasaran lebih terarah dan produk yang dipromosikan
sesuai dengan keinginan pelanggan. Di Kiki Ms Glow, pengurangan rekomendasi
produk diperoleh dari analisis laporan data transaksi penjualan. Motif dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelian konsumen menggunakan
algoritma FP-Growth dalam menghasilkan aturan rekomendasi produk pada
sejumlah besar dataset sehingga dapat memberikan rekomendasi teknis. Hasil
yang didapat adalah dari yang tertinggi dengan nilai support minimal 20% dan
nilai confidence minimal 70%, dan hasilnya ditemukan 2 aturan