Abstract :
Promosi dan kualitas pelayanan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh
perusahaan dalam menghadapi persaingan dan tantangan anatar perusahaan serta
harus mampu menciptakan strategi untuk bersaing guna untuk meningkatkan
kepuasaan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh promosi terhadap kepuasaan pelanggan, seberapa besar pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan dan berapa besar pengaruh promosi dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan. Penelitian ini menggunakan data
yang diperolah dari hasil penyebaran kuesioner kepada 169 responden. Sumber data
yang dipakai merupakan sumber data primer dengan metode pengambilan sampel
yang digunakan adalah metode sampel jenuh. Penelitian ini adalah kuantitatif
dengan metode analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan metode
analisis data statistic menggunakan SPSS versi 25. Dari hasil pengujian hipotesis
dapat diketahui bahwa ketiga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini
dibuktikan dari hasil uji t promosi diketahui 7,964 dengan signifikansi 0,000, hasil
uji t kualitas pelayanan 5,402 dengan signifikansi 0,000 yang dapat disimpulkan
bahwa nilai t hitung untuk masing-masing variabel lebih besar dari nilai t tabel yaitu
0,0194 dan masing-masing signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F
menunjukkan nilai 0,504 dengan nilai signifikansi 0,605. Hasil penelitian ini adalah
promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasaan pelanggan,
kualitas pelayanan signifikan secara parsial terhadap kepuasaan pelanggan dan
promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasaan pelanggan.