Abstract :
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada terdapatnya
pengaruh kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan yang
terdapat pada New Sun Bread KDA Batam.serta untuk menyelidiki dampak
kualitas layanan, promosi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini
menggunakan penelitian asosiatif kausal dan metode kuantitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang ditulis
oleh peneliti dalam formulir kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan
metode insidental dan rate hanya mencapai 5% sehingga sampel yang dapat
diambil sebanyak 186 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
regresi linier berganda analisis. Sehingga hasil yang diperoleh dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap pelanggan
kepuasan, dan hal ini juga dibuktikan dengan hasil uji yang dimana pengujian data
T pada penelitian ini diperoleh nilai variabel Quality of Service adalah thitung >
ttabel , nilai signifikansi 0,005 juga menunjukkan > t tabel, sedangkan promosi
variabel tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. dan juga ini bisa
dibenarkan karena pada tes sebelumnya dimana akun < ttabel dan hasilnya
signifikan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan
signifikan antara variabel X1 terhadap variabel Y, sedangkan untuk X2 tidak ada
pengaruh terhadap Y namun terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua
variabel yaitu X secara simultan terhadap variabel Y