Abstract :
Nominal angka pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan
kebutuhan manusia akan sebuah rumah untuk berlindung menjadi prioritas.
Memilih sebuah rumah untuk berlindung diri melibatkan berbagai pertimbangan
Lokasi dan Personal Selling merupakan faktor yang dipertimbangkan oleh calon
pembeli atau konsumen dalam hal mempertimbangkan pembelian terhadap rumah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi
terhadap keputusan pembelian, berapa besar pengaruh personal selling terhadap
keputusan pembelian serta berapa besar pengaruh lokasi dan personal selling
terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh
dari 138 responden. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan
sekunder dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda,
menggunakan metode analisis data statistik menggunakan SPSS versi 25. Hasil dari
penelitian yang dilakukan menghasilkan ketiga dari hipotesis diterima. Terbukti
dari hasil uji t variabel lokasi diperoleh 2,274 dengan signifikansi 0,025, dan untuk
variabel personal selling didapatkan 4,375 dengan signifikansi 0,000 yang dimana
hasil dari t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,97769, serta hasil dari signifikansi
masing masing variabel lebih kecil dari 0,05. Untuk hasil uji F didapatkan bahwa F
hitung sebesar 11,614 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang dimana hasil dari uji
F menunjukkan lebih besar dari F tabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.
Hasil penelitian ini adalah lokasi dan personal selling berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian