Abstract :
Persaingan bisnis yang kompetitif menuntut para pelaku usaha untuk secara terus menerus memantau dan menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar. Setiap pelaku usaha tentunya menginginkan kegiatan bisnisnya dapat terus hidup dan berkembang mengikuti pasar. Perusahaan harus mencermati permintaan pelanggan terhadap jasa yang ditawarkan. Perusahaan harus selalu mengikuti keinginan dan kebutuhan pelanggan yang selalu berubah, menciptakan produk?produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan mempelajari secara berkesinambungan kemungkinan keuntungan yang akan diperoleh atas jasa yang dilakukan. Tujuan akhir dari langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan adalah menciptakan peningkatan pada kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan sehingga pelanggan tetap loyal terhadap barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah PT Bravo Engineering Batam. Perancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 123 responden yakni pelanggan PT Bravo Engineering Batam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), kepercayaan (X2), dan kepuasan nasabah (X3) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), kepercayaan (X2), dan kepuasan nasabah (X3) memengaruhi loyalitas nasabah (Y) sebesar 93,3 persen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.