DETAIL DOCUMENT
Analisis Peramalan Penjualan Keripik Singkong di UKM Tiga Serangkai Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Harahap, Gusvi Abnan Fauzi
Subject
658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran 
Datestamp
2024-11-29 13:16:45 
Abstract :
Peramalan biasanya disebut juga dengan sesuatu yang dapat berdampak pada keadaan menentukan keputusan sebuah usaha. Peramalan merupakan proses yang dipakai untuk memprediksi suatu nilai dari penjualan ntuk periode mendatang dengan menggunakan data dari periode periode sebelumnya. Peramalan penjualan diperlukan pda UKM Tiga Serangkai dikarenakan terjadi penurunan nilai penjualan pada dua outlet yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prediksi produk terjual dari kripik singkong yang pas di UKM Tiga Serangkai untuk enam periode selanjutnya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh outlet yang dimiliki UKM Tiga Serangkai, untuk sampel menggunakan teknik purpose sampling lalu terpilihlah outlet pelabuhan sekupang dan Kepril mall. Metode peramalan yang digunakan adalah moving average dan exponential smoothing dengan nilai ? = 0,1 , 0,5 , dan 0,9. Dari analisis pengolahan data yang dilakukan didapatkan hasil untuk outlet pelabuhan sekupang adalah metode exponential smoothing ? = 0,9 dengan total peramalan untuk 6 periode waktu selanjutnya ialah sebesar Rp. 8.351.795 dengan nilai MAD = 21.693,21, MSE = 62.072.426,03 dan MAPE = 1.07%. untuk outlet kepri mall peramalan yang pas ialah metode exponential smoothing ? = 0,9 dengan total prediksi untuk enam periode waktu selanjutnya ialah sebesar Rp. 15.294.580 dengan nilai MAD = 19.184,25, MSE = 512.992.980,33 dan MAPE = 1.05%. Berdasarkan analisis, UKM Tiga Serangkai perlu menyediakan 72pcs perbulan untuk outlet Pelabuhan Sekupang dan 127pcs perbulan untuk outlet Kepri Mall 
Institution Info

Universitas Putera Batam