Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Harahap, Gusvi Abnan Fauzi
Subject
658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran
Datestamp
2024-11-29 13:16:45
Abstract :
Peramalan biasanya disebut juga dengan sesuatu yang dapat berdampak pada keadaan menentukan keputusan sebuah usaha. Peramalan merupakan
proses yang dipakai untuk memprediksi suatu nilai dari penjualan ntuk periode
mendatang dengan menggunakan data dari periode periode sebelumnya.
Peramalan penjualan diperlukan pda UKM Tiga Serangkai dikarenakan terjadi
penurunan nilai penjualan pada dua outlet yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui prediksi produk terjual dari kripik singkong yang pas di
UKM Tiga Serangkai untuk enam periode selanjutnya. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh outlet yang dimiliki UKM Tiga Serangkai, untuk sampel
menggunakan teknik purpose sampling lalu terpilihlah outlet pelabuhan sekupang
dan Kepril mall. Metode peramalan yang digunakan adalah moving average dan
exponential smoothing dengan nilai ? = 0,1 , 0,5 , dan 0,9. Dari analisis
pengolahan data yang dilakukan didapatkan hasil untuk outlet pelabuhan
sekupang adalah metode exponential smoothing ? = 0,9 dengan total peramalan
untuk 6 periode waktu selanjutnya ialah sebesar Rp. 8.351.795 dengan nilai MAD
= 21.693,21, MSE = 62.072.426,03 dan MAPE = 1.07%. untuk outlet kepri mall
peramalan yang pas ialah metode exponential smoothing ? = 0,9 dengan total
prediksi untuk enam periode waktu selanjutnya ialah sebesar Rp. 15.294.580
dengan nilai MAD = 19.184,25, MSE = 512.992.980,33 dan MAPE = 1.05%.
Berdasarkan analisis, UKM Tiga Serangkai perlu menyediakan 72pcs perbulan
untuk outlet Pelabuhan Sekupang dan 127pcs perbulan untuk outlet Kepri Mall