Abstract :
Pada umumnya, perusahaan mempunyai tujuan untuk meningkatkan kekayaan pemilik
perusahaan atau pemegang saham. Namun pada jangka panjang, perusahaan
mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan nilai perusahaannya. Pengoptimalan nilai
perusahaan ini dilakukan agar dapat mengundang investor untuk berinvestasi pada
perusahaan tersebut. Penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui
pengaruh yang terjadi pada ukuran perusahaan, keputusan pendanaan, dan profitabilitas
terhadap nilai perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor
makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020
dengan jumlah populasi sebanyak 32 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode
penyampelan nonprobabilitas (nonprobability sampling) yaitu metode purposive
sampling dan terdapat 13 perusahaan yang telah memenuhi kriteria sampel yang
ditentukan peneliti. Hasil dari pengujian hipotesis yang menggunakan uji t
menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh parsial secara signifikan terhadap
nilai perusahaan dengan angka signifikansi 0,042 < 0,05. Keputusan pendanaan tidak
berpengaruh parsial secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan angka
signifikansi 0,661 > 0,05. Profitabilitas berpengaruh secara parsial secara signifikan
terhadap nilai perusahaan dengan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan pada
hasil uji F menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, keputusan pendanaan, dan
profitabilitas berpengaruh secara simultan positif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan dengan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase koefisien determinasi
dari Ukuran Perusahaan(X1) dan Keputusan Pendanaan (X2) dan Profitabilitas(X3) pada
model regresi sejumlah 29,4% dan selisihnya dipengaruhi dari faktor lain yang tidak
diobservasi dalam penelitian sejumlah 70,6%.