DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia di Kota Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sari, Desy Purnama
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2024-11-19 06:29:15 
Abstract :
E-commerce merupakan perubahan dari pemasaran secara fisik kepada pemasaran digital. Berkembangnya bisnis e-commerce di Indonesia telah merubah beberapa perilaku konsumen salah satunya adalah kebiasan berbelanja di pusat perbelanjaan atau toko sekarang mulai beralih dengan menggunakan media online. Berlandaskan data dari Iprice Insights, pada quarter ke-4 tahun 2018, Tokopedia menempati urutan paling awal atas kompetisi e-commerce di Indonesia. Sampai pada quarter ke-3 tahun 2019, Tokopedia tetap menempati urutan pertama dan pada quarter ke-1 tahun 2020, Tokopedia bukan lagi menjadi pemenang pada e-commerce di Indonesia. Kedudukan teratas e-commerce di Indonesia telah direbut oleh Shopee. Dengan melihat kejadian ini, kompetisi antar e-commerce di Indonesia guna memperoleh konsumen amat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat analisis pengaruh kepercayaan dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang mana kuesioner dibagikan sebagai alat instrument dalam mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan ialah non probabilty sampling merupakan sampling yang tak menyajikan peluang sama pada tiap anggota populasi yang dipilih jadi sample. Data yang dikumpulkan dan diuji menggunkan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepercayaan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia di Kota Batam 
Institution Info

Universitas Putera Batam