Abstract :
Shopee adalah Platform Marketplace yang menginjak pasar Indonesia pada puncak
bulan Mei 2015 dan mulai berjalan akhir Juni 2015 di Indonesia. produk adalah
segala sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu
keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang,
tempat, property, organisasi, informasi dan ide. Mitra shopee toko Bagan Grosir
sudah berdiri selama 3 tahun dengan total produk 700 lebih , menjual barang barang
kebutuhan rumah tangga , fashion , dekorasi dll. Mengimplementasikan Data
Mining khususnya klasifikasi mengunakan algoritma C4.5 di dalam memprediksi
pembeli pada toko mitra shopee Bagan Grosir. Dengan metode decission tree
adalah sebuah struktur flowchart yang mirip seperti struktur pohon, setiap titik
pohon merupakan atribut yang telah diuji, setiap cabang merupakan hasil uji, dan
titik akhir merupakan pembagian kelas yang dihasilkan. Dalam proses analisis
peneliti mengunakan Teknik data mining memakai algoritma klasifikasi C4.5 yang
diproses menggunakan aplikasi rapidminer versi 9.10.001 agar menemukan hasil
prediksi pembeli pada toko mitra shopee. Menurut penelitian ini, data yang didapat
bekerja secara akurat pada aturan masing-masing tes, dapat memfasilitasi penelitian
berdasarkan data yang didapat dari proses pengujian prediksi pembeli yang
dikelompokkan dalam beberapa variable.kualitas barang, promosi, harga barang,
kecepatan pengiriman , seller ramah. Penelitian memakai 2 variabel keputusan yaitu
naik dan turunnya pembeli.