Abstract :
Di dunia bisnis yang utamanya di pergerakan pada bidang jasa saat ini sangat
berkembang pesatnya, salah satu di antaranya ialah pada bidang pariwisata.
Dalam mempertahankan pasar dan menjadi pemenang atas persaingan, perusahaan
harus cakap dalam mengerti tentang kebutuhan serta keinginan pelanggannya
serta dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Demi
membangun strategi pemasaran yang mana bisa memberikan kepuasan kepada
konsumen serta yang paling utama ialah mampu bertahan didalam persaingan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mencapai keberhasilan adalah
penyediaan fasilitas dan kualitas pelayanan karena banyak hal yang dapat
mempengaruhi kepuasan pelanggan bagi perusahaan tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap
kepuasan tamu pada Pada Hotel Pelangi Tanjungbatu Kundur. Perancangan
penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kausalitas
kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 182
responden. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas, reliabilitas,
normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier, uji t dan
uji F melalui aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) memiliki signifikan secara parsial dan
simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y). Hasil uji koefisien
determinasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), kualitas pelayanan
(X2) sebesar 3,97 persen, sedangkan sisanya sebesar 6,03 persen dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini