DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Pelangi Tanjungbatu Kundur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Putri, Shellina Eka
Subject
658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM 
Datestamp
2024-11-22 06:29:56 
Abstract :
Di dunia bisnis yang utamanya di pergerakan pada bidang jasa saat ini sangat berkembang pesatnya, salah satu di antaranya ialah pada bidang pariwisata. Dalam mempertahankan pasar dan menjadi pemenang atas persaingan, perusahaan harus cakap dalam mengerti tentang kebutuhan serta keinginan pelanggannya serta dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Demi membangun strategi pemasaran yang mana bisa memberikan kepuasan kepada konsumen serta yang paling utama ialah mampu bertahan didalam persaingan. Hal-hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mencapai keberhasilan adalah penyediaan fasilitas dan kualitas pelayanan karena banyak hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan bagi perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan tamu pada Pada Hotel Pelangi Tanjungbatu Kundur. Perancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kausalitas kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 182 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier, uji t dan uji F melalui aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) memiliki signifikan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), kualitas pelayanan (X2) sebesar 3,97 persen, sedangkan sisanya sebesar 6,03 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini 
Institution Info

Universitas Putera Batam