Abstract :
PT. Sumber Alfaria Trijaya adalah perusahaan retail yang menjual kebutuhan
sehari-hari. Alfamart tumbuh dan berkembang Bersama masyarakat Indonesia.
Hingga pada saat ini PT. Sumber Alfaria Trijaya memiliki 13.632 gerai yang
tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta memiliki lebih dari 60.000 karyawan
terlatih dan berkompeten. Namun tidak seluruh layanan yang ada di alfamart
direspon dengan baik oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan. Peneliti ini mengambil data
sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah berbelanja
mulai dari satu kali sampai dengan yang lebih dari lima kali, dan kemudian
dilakukan perhitungan servqual untuk mengetahui nilai GAP, hasil GAP
digunakan sebagai input data importance performance analysis (IPA) yang
kemudian diketahui Berdasarkan perhitungan GAP diketahui seluruh atribut
masih bernilai negative yang berarti terdapat jarak antara kinerja dan harapan
konsumen terhadap pelayanan yang ada di alfamart dan pada perhitungan CSI
yang telah dilakukan diketahui nilai kepuasan konsumen sebesar 95,2% nilai ini
berada di skala 81% - 100% yang berarti secara keseluruhan konsumen merasa
?sangat puas? dengan pelayan saat ini, dan berdasarkan nilai GAP diketahui
adanya 1 atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, yaitu: akses lokasi
toko mudah dijangkau dengan nilai gap -0.35.