DETAIL DOCUMENT
Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Layanan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya TBK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Patinong, Yonatan Andi
Subject
338 Produksi, Ekonomi Industri 
Datestamp
2024-11-23 04:18:20 
Abstract :
PT. Sumber Alfaria Trijaya adalah perusahaan retail yang menjual kebutuhan sehari-hari. Alfamart tumbuh dan berkembang Bersama masyarakat Indonesia. Hingga pada saat ini PT. Sumber Alfaria Trijaya memiliki 13.632 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta memiliki lebih dari 60.000 karyawan terlatih dan berkompeten. Namun tidak seluruh layanan yang ada di alfamart direspon dengan baik oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan. Peneliti ini mengambil data sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah berbelanja mulai dari satu kali sampai dengan yang lebih dari lima kali, dan kemudian dilakukan perhitungan servqual untuk mengetahui nilai GAP, hasil GAP digunakan sebagai input data importance performance analysis (IPA) yang kemudian diketahui Berdasarkan perhitungan GAP diketahui seluruh atribut masih bernilai negative yang berarti terdapat jarak antara kinerja dan harapan konsumen terhadap pelayanan yang ada di alfamart dan pada perhitungan CSI yang telah dilakukan diketahui nilai kepuasan konsumen sebesar 95,2% nilai ini berada di skala 81% - 100% yang berarti secara keseluruhan konsumen merasa ?sangat puas? dengan pelayan saat ini, dan berdasarkan nilai GAP diketahui adanya 1 atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, yaitu: akses lokasi toko mudah dijangkau dengan nilai gap -0.35. 
Institution Info

Universitas Putera Batam