Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Limbong, Ayu Neni Lestari
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran
Datestamp
2024-11-28 12:56:52
Abstract :
Pada saat sekarang ini segala hal dipermudah dengan adanya internet, demikian
juga dengan halnya berbelanja, berbelanja secara online tidak hanya mudah dan
dapat menghemat waktu melainkan juga dapat menjadi kerugian bagi pembeli jika
tidak teliti saat membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
promosi, kepercayaan konsumen dan persepsi resiko terhadap minat beli secara
parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang
berdomisili di Batu Aji. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang,
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability
sampling, yaitu dengan convenience sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah data primer. Pengolahan data menggunakan program SPSS
Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi secara parsial
berpengaruh terhadap minat beli yang di tunjukkan oleh nilai t hitung 3,396 > t
1,984 tabel dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Kepercayaan konsumen secara
parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli yang di tunjukkan oleh nilai t hitung
1,502 < t tabel dengan 1,984 dan nilai signifikan 0,136 > 0,05. Persepsi resiko
secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli yang ditunjukkan oleh nilai t
hitung sebesar 1,588 < t tabel dan nilai signifikan 0,116 > 0,05. Promosi,
kepercayaan konsumen dan persepsi resiko ada pengaruh secara simultan terhadap
minat beli yang di tunjukkan dari nilai F hitung sebesar 5,898 > 2,699 F tabel dan
nilai Sig 0.001 < 0.05. nilai R square sebesar 0,129 yang berarti hanya 0,129%
ada pengaruh dari promosi, kepercayaan konsumen dan persepsi resiko terhadap
minat beli dan sisanya 9,871 dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan variabel
dalam penelitian ini.