Abstract :
Globalisasi membawa dampak yang sangat besar bagi perkembangan dunia bisnis
di seluruh dunia. Pasar terbuka luas dan peluang menjadi semakin lebar, namun
sebaliknya persaingan menjadi semakin ketat dan sulit diprediksikan. Kondisi ini
menuntut setiap perusahaan untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif
dalam bisnisnya agar bisa bersaing secara berkesinambungan dengan perusahaan?perusahaan lain yang berkecimpung di bidang yang sama. Perusahaan yang ingin
berkembang dan ingin mendapatkan keunggulan kompetitif harus dapat
memberikan produk atau jasa yang berkualitas dan layanan yang baik kepada para
pelanggan, sehingga akan muncul loyalitas dalam benak pelanggan. Adapun
banyaknya faktor yang menentukan kepuasan pelanggan, diantaranya kualitas
layanan dan servicescape. Penelitiannya ini bertujuan mengetahui pengaruh
kualitas layanan dan servicescape kepada kepuasan pelanggan pada Wisma
Berlian di Tanjung Batu Kundur. Teknik didalam mengumpulkan datanya dengan
membagikan kuesioner pada 22 responden yakni seluruh pelanggan pada Wisma
Berlian di Tanjung Batu Kundur. Hasil penelitiannya bahwa kualitas layanan dan
servicescape secara parsial serta simultan berpengaruh signifikan pada kepuasan
pelanggan. Capaian pengujian koefisien determinasinya memperlihatkan kualitas
layanan dan servicescape memengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 62 persen,
sedangkan sisa nya terpengaruhi variabel lainnya yang tak diteliti didalam
penelitiannya ini.