Abstract :
Salah satu aspek terpenting dari perilaku konsumen yang mengarah pada
pembelian barang atau jasa adalah keputusan pembelian. Keputusan pembelian
konsumen terkait erat dengan unsur-unsur yang mempengaruhi mereka untuk
melakukan pembelian. Konsumen akan memeriksa berbagai pilihan alternatif
berdasarkan kriteria ini dan memilih satu atau lebih yang diperlukan tergantung
pada pertimbangan, unsur-unsur yang bisa mempengaruhi pembelian yaitu harga,
iklan dan kualitas pelayananan terhadap keputusan pembelian pelumas pada PT
Jumbo Power international Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
memastikan bagaimana keputusan pembelian pelumas PT Jumbo Power
International Batam dipengaruhi oleh harga, iklan, dan kualitas pelayanan pada
PT Jumbo Power International Batam. Dengan Menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan menyembarkan kuesioner pada yang diambil yang berjumlah
150 responden, dengan teknik pengujian yang digunakan yaitu analisa data yang
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji
hetrokedasitas, multikolineritas, uji T,uji F. Harga, iklan, dan kualitas layanan
memiliki koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,505 atau 50,5
persen dari variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Sedangkan faktor lain dapat digunakan untuk menjelaskan atau mempengaruhi
sisanya sebesar 49,5 persen.