DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Promosi Media Sosial dan Daya Tarik terhadap Keputusan Pengunjung Wisata Lembah Pelangi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Indriani, Indriani
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2022-10-27 09:25:50 
Abstract :
Pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia yang semakin berkembang dan terus bertumbuh dapat dikatakan sempat mengalami pasang surut karena adanya pandemi covid-19 pada awal tahun 2020 yang lalu. Besarnya dukungan pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah agar membangkitkan Kembali gairah dalam dunia pariwisata Indonesia. Tingginya antusiasme masyarakat Indonesia yang membutuhkan wisata dan liburan dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Adapun tujuan yang ingin diperoleh dalam riset ini teruntuk memahami seberapa besar pengaruh promosi media sosial dan daya tarik secara bersama sama terhadap keputusan pengunjung wisata Lembah Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metodologi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke taman wisata Lembah Pelangi pada periode Bulan Oktober hingga Desember tahun 2021. tehnik penarikan sample studi ini menggunakan tehnik accidental sampling, dengan menggunakan rumus slovin, maka jumlah responden diambil dari pengunjung yang telah datang berkunjung ke taman wisata Lembah Pelangi pada periode Oktober hingga Desember 2021 yang berjumlah 293 responden. Penggunaan metode analisa datanya dengan melaksanakan pengujian instrumen penelitian, analisa deskriftif dan kajian data, yang terdiri dari: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, analisis deskriptif, analisa regresi linear berganda, koefisien determinasi (r2 ), uji t (secara sendiri?sendiri), uji f (secara bersama-sama). Hasil menunjukan adanya pengaruh promosi media sosial dan daya tarik pada keputusan pengunjung. Kesimpulan bahwa promosi media sosial dengan keputusan pengunjung, yang diperoleh yaitu t hitung > t tabel, sehinga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengunjung Lembah Pelangi. Daya tarik juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengunjung Lembah Pelangi. Secara simultan promosi media sosial dan daya tarik telah memiliki pengaruh pada keputusan pengunjung Lembah Pelangi. 
Institution Info

Universitas Putera Batam