Abstract :
Perubahan pasar membuat para usahawan terus menyesuaikan diri dan memantau
persaingan bisnis sekarang ini. Kunci perusahaan dalam memasarkan barang
ataupun jasa yaitu dengan menentukan strategi yang baik atau sesuai dalam
menghadapi persaingan yang terdapat pada pasar. Kualitas pelayanan juga sebagai
faktor yang menentukan perusahaan dapat berhasil. Dikarenakan jika kualitas
pelayanan yang diberikan kepada konsumen dapat diterima dengan baik atau
dengan kata lain sesuai dengan harapan konsumen tersebut, maka konsumen itu
akan merasakan percaya dan puas serta akan menjadi pelanggan setia dari
perusahaan itu. Kepercayaan juga menjadi salah satu faktor yang dapat
memenangkan persaingan dalam perusahaan. Keyakinan juga dapat menambah
nilai positif baik itu keyakinan satu pihak pada ketahanan, reliabilitas ataupun
yang lainnya. Jika perusahaan dapat membuat pelanggan merasa puas, maka dapat
menciptakan loyalitas pelanggan pada perusahaan. Dari riset ini memiliki jenis
penelitian kausal komparatif, dengan jumlah populasi 122 pelanggan. Kemudian
teknik besaran sampel menggunakan non probability sampling yang mana jumlah
sampel sama dengan populasi. Riset ini memperoleh hasil variabel kualitas
pelayanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh sebesar
82,5% terhadap loyalitas pada pelanggan. Dan sisa 17,5% akan dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk ke penelitian ini. Dan dapat disimpulkan
kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur, dan kepercayaan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT
Lubricant Indo Makmur, kemudian kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Lubricant Indo
Makmur, lalu kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT
Lubricant Indo Makmur.