Abstract :
Berkat perkembangan teknologi dan informasi, kegiatan jual beli pun dapat
dilakukan dalam jaringan atau E-Commerce yang memberikan banyak solusi atas
permasalahan yang utamanya ialah mobilitas. Penjual tidak diperlukan untuk
melakukan sewa toko dan dapat menunjukan etalase tok dengan bentuk foto, lalu
pembeli juga tidak perlu melakukan perjalanan untuk melakukan pembelian atau
pun ketika ingin menanyakan keterangan atas suatu produk tertentu ditambah
dengan jangkauan yang dapat ditelusuri oleh pembeli memberikan opsi lebih
tanpa adanya penekanan harga. Pemilihan Shopee menjadi pilihan pembeli dalam
berbelanja secara daring tentu memiliki sebab dan faktor utama. Adapun
banyaknya faktor yang menentukan keputusan pembelian. Penelitiannya ini
bertujuan mengetahui pengaruh keragaman produk, kepercayaan dan presepsi
resiko terhadap keputusan pembelian karyawan pada online Shopee di kota
Batam. Teknik didalam mengumpulkan datanya dengan membagikan kuesioner
pada 385 responden yakni masyarakat yang memakai aplikasi Shopee. Hasil
penelitiannya bahwa keragaman produk, kepercayaan dan presepsi resiko secara
parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil
uji koefisien determinasinya menunjukkan bahwa keragaman produk,
kepercayaan dan presepsi resiko memengaruhi keputusan pembelian sebesar 74,9
persen, sedangkan sisa nya terpengaruhi variabel lainnya yang tak diteliti didalam
penelitiannya ini.