Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah citra merek dan
promosi berpengaruh terhadap penjualan private label di Alfamart. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif. Populasi yang dimanfaatkan
terdiri dari 330 konsumen yang membeli produk private label di Alfamart. 181
konsumen dijadikan sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan
teknik simple random sampling. Kuesioner digunakan sebagai teknik
pengumpulan data. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25, teknik
analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji
pengaruh, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda, citra
merek (X1) berpengaruh sebesar 0,625 atau 62,5% terhadap penjualan private
label (Y) dan promosi berpengaruh sebesar 0,326 atau 32,6% terhadap penjualan
private label (Y). Faktor citra merek dan promosi berpengaruh terhadap penjualan
private label sebesar 0.869 atau 86,9% menurut data koefisien determinasi (R2
).
Berdasarkan hasil uji t citra merek berpengaruh positif dan signifikan secaraparsial
terhadap penjualan private label dan promosi berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial terhadap penjualan private label serta hasil uji f diperoleh bahwa
citra merek dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap penjualan private label.