Abstract :
Mega Mall Batam Center merupakan salah satu pusat perbelanjaan besar yang
terletak di kota Batam. Pada 6 Mei 2021, Mega Mall Batam Center
memperkenalkan aplikasi yang dapat diakses melalui perangkat smartphone yang
dapat diunduh melalui Play Store dan Appstore dengan nama Mega Mall Batam
Centre. Tujuan dari dibuatnya aplikasi ini adalah untuk menyajikan informasi
seputar aktivitas mall dan sebagai media untuk penukaran struk belanja menjadi
kupon undian. Berdasarkan proses pengumpulan data yang dilakukan, terdapat
kekurangan pada aplikasi ini yaitu kurang jelasnya informasi yang disampaikan,
fungsi poin yang ada di dalam aplikasi hanya berfungsi untuk meningkatkan rating
member tanpa memberikan kegunaan lain, serta kurangnya fitur yang dapat
menarik minat pengunjung untuk menggunakan aplikasi. Tujuan dalam penelitian
ini adalah mengembangkan antarmuka pengguna aplikasi agar dapat memberikan
tingkat kegunaan yang tinggi dan memberikan pengalaman baru kepada pengguna.
Dalam mengembangkan user interface aplikasi ini, penulis menggunakan
metodologi desain Lean UX sebagai alat bantu dalam tahap desain UI/UX,
metodologi pengembangan prototyping sebagai alat bantu dalam tahap penelitian
dan Figma sebagai aplikasi desain prototipe. Dengan dikembangkannya user
interface aplikasi Mega Mall Batam Centre dapat dibuktikan bahwa penggunaan
aplikasi menjadi lebih efektif dan efisien dalam mendapatkan informasi yang
disajikan, adanya peningkatan nilai estetika pada aplikasi serta memiliki peluang
lebih untuk meningkatkan ketertarikan dalam penggunaan aplikasi.