Abstract :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi
gaya hidup masyarakat untuk serba cepat dan praktis. Pengaruh nya dapat kita lihat
pada perkembangan minimarket yang semakin mudah kita temukan baik di kota
hingga pedesaan. Penjualan dengan mesin kasir dan system yang terkomputerisasi
sangat membantu untuk mempermudah pemilik usaha dalam mencatat transaksi,
Minimarket Hokagata merupakan salah satu minimarket yang telah menggunakan
sistem yang terkomputerisasi dalam transaksi belanja. Data transaksi yang
tersimpan dalam database dapat digunakan untuk mengetahui pola pembelian
konsumen menggunakan teknik market basket analysis. Pengambilan data
dilakukan dengan teknik wawancara, observasi objek penelitian serta data
pembelian konsumen yang berasal dari aplikasi kasir. Tujuan penelitian ini untuk
merubah transaksi penjualan menjadi ilmu baru juga dapat membantu pemilik
usaha dalam mengatur tata letak produk. Pada penelitian ini, setelah pengumpulan
transaksi selanjutnya data diambil secara acak, membuat tabular data, memisah data
dengan membatasi nilai minimum support 17% dan confidence 60% kemudian data
dikelola menggunakan metode association rule untuk menentukan keterkaitan data
yang sering muncul. Pengelolaan data pada penulisan ini menggunakan excel dan
software Tanagra. Setelah pengujian sampel dilakukan, ditemukan hasil paling
tinggi nilai support 27.86% dan nilai confidence 68% ialah minuman, rokok &
bumbu dapur. Sangat efektif apabila dilakukan pengimplementasian algoritma
apriori pada data transaksi penjualan yang akan digunakan juga efesien dalam tahap
pembangkitan penggabungan antar item. Dengan penggunaan teknik ini tata letak
barang lebih selektif dan pengadaan barang lebih dicermati setelah diketahui hasil
dari pengujian sistem.