Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk dan
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Online Shop
The Zenzy Shoes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif.
Populasi yang dimanfaatkan terdiri dari 234 konsumen Online Shop The Zenzy
Shoes. 234 konsumen dijadikan sampel penelitian menggunakan probability
sampling dengan teknik simple random sampling. Kuesioner digunakan sebagai
teknik pengumpulan data. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25, teknik
analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji
pengaruh, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda, kualitas
produk (X1) berpengaruh sebesar 0,352 atau 35,2% terhadap kepuasan konsumen
(Y) dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 0,563 atau 56,3% terhadap
kepuasan konsumen (Y). Faktor kualitas produk dan kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 80,0% menurut data koefisien
determinasi (R2
). Berdasarkan hasil uji t kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen
serta hasil uji f diperoleh bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara
simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen.