Abstract :
Perkembangan bisnis saat ini yang semakin pesat membuat perusahaan akan
dihadapkan pada situasi persaingan yang sebenarnya dari impact modernisasi.
Kompleksitas yang diakibatkan dari modernisasi ini, dapat memberikan dan
menimbulkan masalah-masalah serius yang berkaitan dengan pemasaran.
Kesuksesan dan tidaknya perusahaan akan sangat bergantung dengan strategi?strategi unggul dari perusahaan dibandingkan para pesaing dalam hal ini
pemasaran. Modernisasi zaman saat ini juga berdampak kepada gaya hidup
masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka pada umumnya setiap
perusahaan akan berusaha mengiklankan produknya dengan membuat spanduk,
banner, baliho brosur dan yang lainnya. Namun dikarenakan zaman yang sudah
semakin canggih maka perusahaan kini pun meningkatkan kualitas periklannya
dengan menggunakan internet. Promosi periklanan melalui internet merupakan
cara yang paling efektif dan efisien dalam menginformasikan kepada konsumen
dikarenakan banyaknya populasi pengguna internet (Tiurniari Purba, 2020:766).
Alfamart Bukit Melati adalah salah satu cabang Alfamart yang ada di kota Batam.
Alfamart ini bergerak dibidang industri perdagangan dan distribusi berbagai
macam produk yang dalam pengoperasian berbentuk mini market. Dalam
penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaiamana pengaruh kualitas pelayanan
dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Alamart Bukit Melati. Populasi
yang digunakan sebanyak 120 responden dan seluruhnya di jadikan sampel
dengan teknik sampel jenuh. Untuk nilai koefisien reliabel pada setiap variabel
lebih besar dari 0,60 adalah baik dan diterima, maka variabel yang digunakan
pada indikator tersebut adalah handal atau reliabel. Hasil uji koefisiensi
determinasi (R2) menunjukkan bahawa sebesar 59,8 %, loyalitas pelanggan
dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, dan promosi. Sehingga 40,2 % dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan kriteria
pengujian jika thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti kualitas
pelayanan (X1), dan promosi (X2) berpengaruh terhadap loyakitas pelanggan(Y).