Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai media
komunikasi pariwisata di Kota Batam. Penelitian ini difokuskan pada objek
penelitian akun Instagram yang mempromosikan potensi wisata di Kota Batam
yang memiliki jumlah pengikut lebih dari sembilan ribu pengikut. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
antara lain, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Akun Instagram yang mengkomunikasikan pariwisata di
Kota Batam yang memiliki jumlah pengikut lebih dari sembilan ribu ada empat
belas akun. 2) Ada tujuh jenis wisata yang sering di unggah oleh akun tersebut,
seperti wisata maritim atau bahari, wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja,
agrowisata, cagar alam dan wisata budaya. 3) Tidak semua fitur Instagram yang
digunakan dalam sebuah konten unggahan, fitur yang sering digunakan dalam
mengkomunikasikan konten wisata adalah fitur caption foto atau judul, lokasi,
mentions, dan hashtag