DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Generasi Y pada Tiktok Shop di Kota Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Rosmini, Rosmini
Subject
006.754 Situs Jejaring Sosial 
Datestamp
2024-05-15 10:21:53 
Abstract :
Perkembangan teknologi telah mengubah cara kehidupan, mendorong generasi millennial, yang lahir antara tahun 1990-2000, untuk mengadopsi gaya hidup modern. Mereka aktif menggunakan teknologi, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan dominan mengakses pemasaran online, seperti E-Commerce, sebagai bentuk adaptasi terhadap tren zaman. Pemasaran di media sosial berperan dalam memicu nilai hedonis, di mana konsumen cenderung mencari kepuasan dan kesenangan emosional dalam berbelanja. Motivasi hedonis dalam berbelanja dapat memicu impulse buying, dipengaruhi oleh perasaan, kesenangan, dan fantasi terkait dengan produk hedonis. Pembelian dengan nilai hedonis berpengaruh pada Shopping Lifestyle konsumen, di mana mereka dengan daya beli tinggi cenderung mengikuti tren produk atau jasa yang menarik pada E-Commerce. Gaya hidup berbelanja seseorang juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, menjadi faktor penting dalam memahami perilaku konsumen, terutama dalam konteks pemasaran. Peningkatan toko online memicu impulse buying, pembelian tiba-tiba tanpa perencanaan, terutama di kalangan generasi Y atau millennial. Kemudahan teknologi mendukung fenomena ini, memicu rasa ingin tahu yang sulit dikontrol dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Generasi Y pada TikTok Shop di Kota Batam. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif, menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden, diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Hedonic Shopping Motivation berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Impulse Buying diketahui dengan menggunakan perhitungan t hitung 2,354 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05. Variabel Shopping Lifestyle berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap Impulse Buying t hitung 3,199 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Kemudian telah diperoleh hasil penelitian bahwa hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying secara simultan dengan hasil.perhitungan f hitung 33,184 > f tabel 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 
Institution Info

Universitas Putera Batam