Abstract :
Perkembangan teknologi telah mengubah cara kehidupan, mendorong generasi
millennial, yang lahir antara tahun 1990-2000, untuk mengadopsi gaya hidup
modern. Mereka aktif menggunakan teknologi, terutama dalam memenuhi
kebutuhan sehari-hari dengan dominan mengakses pemasaran online, seperti E-Commerce, sebagai bentuk adaptasi terhadap tren zaman. Pemasaran di media
sosial berperan dalam memicu nilai hedonis, di mana konsumen cenderung
mencari kepuasan dan kesenangan emosional dalam berbelanja. Motivasi hedonis
dalam berbelanja dapat memicu impulse buying, dipengaruhi oleh perasaan,
kesenangan, dan fantasi terkait dengan produk hedonis. Pembelian dengan nilai
hedonis berpengaruh pada Shopping Lifestyle konsumen, di mana mereka dengan
daya beli tinggi cenderung mengikuti tren produk atau jasa yang menarik pada E-Commerce. Gaya hidup berbelanja seseorang juga dipengaruhi oleh
perkembangan teknologi, menjadi faktor penting dalam memahami perilaku
konsumen, terutama dalam konteks pemasaran. Peningkatan toko online memicu
impulse buying, pembelian tiba-tiba tanpa perencanaan, terutama di kalangan
generasi Y atau millennial. Kemudahan teknologi mendukung fenomena ini,
memicu rasa ingin tahu yang sulit dikontrol dalam berbelanja. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Hedonic Shopping Motivation dan
Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Generasi Y pada TikTok Shop di
Kota Batam. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif, menggunakan purposive
sampling sebanyak 100 responden, diolah dengan menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Hedonic Shopping Motivation
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Impulse Buying
diketahui dengan menggunakan perhitungan t hitung 2,354 > t tabel 1,661 dengan
nilai signifikan 0,021 < 0,05. Variabel Shopping Lifestyle berpengaruh dan
signifikan secara parsial terhadap Impulse Buying t hitung 3,199 > t tabel 1,661
dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Kemudian telah diperoleh hasil penelitian
bahwa hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle berpengaruh positif
dan signifikan terhadap impulse buying secara simultan dengan hasil.perhitungan f
hitung 33,184 > f tabel 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.