DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Produk dan Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee di Kota Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Nainggolan, Rut Asianti
Subject
006.754 Situs Jejaring Sosial 
Datestamp
2024-05-15 10:41:58 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas produk dan review produk terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam. Populasi yang akan diteliti mencakup pengguna atau konsumen yang telah melakukan pembelian produk secara online melalui Shopee selama tahun 2023, dengan jumlah yang tidak dapat dipastikan secara pasti. Untuk menentukan sampel, digunakan rumus Lameshow, yang menghasilkan pemilihan 100 responden melalui metode purposive sampling. Proses analisis data melibatkan penggunaan regresi linier berganda, yang mencakup serangkaian langkah seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki besaran pengaruh 57,2% terhadap keputusan pembelian. Review produk memiliki memiliki besaran pengaruh 24,1%. Temuan dari koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas produk dan review produk dapat menjelaskan 70,7% variasi dalam keputusan pembelian. Lebih lanjut, uji t dan uji F mengonfirmasi bahwa kualitas produk dan review produk memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan, terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam. 
Institution Info

Universitas Putera Batam