Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas
produk dan review produk terhadap keputusan pembelian secara online pada
marketplace Shopee di Kota Batam. Populasi yang akan diteliti mencakup
pengguna atau konsumen yang telah melakukan pembelian produk secara online
melalui Shopee selama tahun 2023, dengan jumlah yang tidak dapat dipastikan
secara pasti. Untuk menentukan sampel, digunakan rumus Lameshow, yang
menghasilkan pemilihan 100 responden melalui metode purposive sampling.
Proses analisis data melibatkan penggunaan regresi linier berganda, yang
mencakup serangkaian langkah seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji
hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas
produk memiliki besaran pengaruh 57,2% terhadap keputusan pembelian. Review
produk memiliki memiliki besaran pengaruh 24,1%. Temuan dari koefisien
determinasi (R2
) menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas produk dan
review produk dapat menjelaskan 70,7% variasi dalam keputusan pembelian.
Lebih lanjut, uji t dan uji F mengonfirmasi bahwa kualitas produk dan review
produk memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun
secara simultan, terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace
Shopee di Kota Batam.