Abstract :
Perkembangan sektor industri kosmetika perawatan kulit (skincare) mengalami
angka pertumbuhan yang cukup tinggi dalam beberapa tahun ini dan menjadi
industri yang sangat kompetitif. Permintaan akan produk perawatan kulit terus
mengalami peningkatan seiring dengan adanya kesadaran pada masyarakat
mengenai seberapa penting perawatan diri dan yang penampilan yang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi,
brand image, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk
skincare Avoskin di Kota Batam. Dalam penelitian ini digunakan penelitian
dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah
100 orang yang merupakan konsumen atau pengguna yang telah melakukan
pembelian ataupun menggunakan produk skincare Avoskin di Kota Batam dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan, yaitu Skala
Likert. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang
dilakukan dengan cara menyebarluaskan kuesioner secara online melalui google
form dan dianalisis dengan metode analisis data regresi linier berganda. Penemuan
penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi tidak memiliki pengaruh secara
parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,125 >
0,05. Sedangkan, variabel brand image berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan pembelian yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi dengan nilai sebesar
0,000 < 0,05. Selain itu, online customer review juga berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,005 <
0,05. Hasil dari uji f menunjukkan nilai f hitung memiliki nilai sebesar 52,982 > f
tabel (2,70) serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti variabel
promosi, brand image, dan online customer review secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian.