Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan
citra merek terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening di Kota Batam.
Populasi yang digunakan merupakan pengguna yang pernah menggunakan produk
Scarlett Whitening, namun jumlahnya tidak pasti. Teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah perhitungan sebesar 100 responden
dengan teknik pengambilan secara purposive sampling. Data dianalisis
menggunakan model regresi linear berganda, dengan pengujian uji kualitas data,
uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linear
berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 19,6%
terhadap keputusan pembelian. Promosi memiliki pengaruh sebesar 34,3%
terhadap keputusan pembelian. Citra merek memiliki pengaruh sebesar 37,7%
terhadap keputusan pembelian. Temuan pengujian dengan menggunakan koefisien
determinasi (R2
) menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi dan citra merek
secara bersama-sama dapat menjelaskan sebanyak 60,8% dari variasi dalam
keputusan pembelian. Selain itu, uji t dan uji F menujukkan bahwa kualitas
produk, promosi dan citra merek baik secara individu maupun secara keseluruhan,
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Scarlett
Whitening di Kota Batam.