Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap
keputusan pembelian konsumen pada e-commerce shopee, pengaruh citra merek
terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce shopee, pengaruh
desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce shopee.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian in adalah
konsumen pengguna e-commerce shopee di kota Batam. Teknik pengambilan
sampel dengan metode Non-probability dengan jumlah sampel sebanyak 204
responden. Variabel (X1) adalah promosi, variabel (X2) adalah citra merek,
variabel (X3
) adalah desain produk, dan variabel (y) adalah keputusan pembelian
konsumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regreasi linier berganda
dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,
promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap secara parsial terhadap
keputusan pembelian konsumen, citra merek berpengaruh positifi dan signifikan
secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen, desain produk
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis 4 promosi, citra merek dan desain
produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan
pembelian konsumen pada e-commerce shopee di Kota Batam.