DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Ketersediaan Produk, Kemasan dan Label terhadap Keputusan Pembelian Beras pada PT Aroma Nusajaya Karya di Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Stanley, Stanley
Subject
658.4036 Manajemen Pengambilan Keputusan 
Datestamp
2024-05-16 03:13:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh ketersediaan produk, kemasan dan label terhadap keputusan pembelian beras pada PT Aroma Nusajaya Karya di Batam. Populasi yang akan dikaji adalah konsumen PT Aroma Nusajaya Karya pada bulan Juli 2023 yang berjumlah sebanyak 319 orang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode rumus Slovin dan terdiri dari 178 responden. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui regresi linier berganda, yang melibatkan pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan pengujian hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ketersediaan produk memiliki pengaruh sebesar 43,8% terhadap keputusan pembelian. Kemasan memiliki pengaruh sebesar 25,6% terhadap keputusan pembelian. Label memiliki pengaruh sebesar 15,8% terhadap keputusan pembelian. Temuan pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa ketersediaan produk, kemasan dan label secara bersama?sama dapat menjelaskan sebanyak 72,8% dari variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu, hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa ketersediaan produk, kemasan dan label, baik secara individu maupun secara keseluruhan, berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian beras pada PT Aroma Nusajaya Karya di Batam. 
Institution Info

Universitas Putera Batam