Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh ketersediaan produk,
kemasan dan label terhadap keputusan pembelian beras pada PT Aroma Nusajaya
Karya di Batam. Populasi yang akan dikaji adalah konsumen PT Aroma Nusajaya
Karya pada bulan Juli 2023 yang berjumlah sebanyak 319 orang. Sampel
penelitian dipilih dengan menggunakan metode rumus Slovin dan terdiri dari 178
responden. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui regresi linier
berganda, yang melibatkan pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh
dan pengujian hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan
bahwa ketersediaan produk memiliki pengaruh sebesar 43,8% terhadap keputusan
pembelian. Kemasan memiliki pengaruh sebesar 25,6% terhadap keputusan
pembelian. Label memiliki pengaruh sebesar 15,8% terhadap keputusan
pembelian. Temuan pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi (R2
)
menunjukkan bahwa ketersediaan produk, kemasan dan label secara bersama?sama dapat menjelaskan sebanyak 72,8% dari variasi dalam keputusan pembelian.
Selain itu, hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa ketersediaan produk, kemasan
dan label, baik secara individu maupun secara keseluruhan, berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian beras pada PT Aroma
Nusajaya Karya di Batam.