Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kepercayaan, promosi
dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada GrabFood di
Kota Batam. Penelitian ini melibatkan konsumen atau pengguna GrabFood pada
tahun 2023 sebagai populasi. Dalam penelitian ini, 100 responden dipilih sebagai
sampel menggunakan metode rumus Lameshow dengan pernarikan berdasarkan
purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier
berganda, dengan pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan
pengujian hipotesis. Temuan dalam analisis regresi linier berganda menunjukkan
bahwa kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadap keputusan
pembelian. Promosi memiliki pengaruh sebesar 29,2% terhadap keputusan
pembelian. Kemudahan penggunaan memiliki pengaruh sebesar 23,1% terhadap
keputusan pembelian. Temuan yang diukur menggunakan analisis koefisien
determinasi (R2
), yang menunjukkan bahwa kepercayaan, promosi dan
kemudahan penggunaan bersama-sama menjelaskan 65,4% variasi dalam
keputusan pembelian. Lebih lanjut, hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa
kepercayaan, promosi dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian pada GrabFood di Kota Batam.