Abstract :
Ada sejumlah sebab yang berkemungkinan besar memberi pengaruh saat
memutuskan untuk membeli layanan transportasi online Maxim. Sebab-sebab itu
termasuk taraf kemudahan penggunaan, E-WOM, dan kepercayaan. Penelitian
memanfaatkan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dengan metode
simple random sampling. Lokasi penelitian berada pada wilayah Kota Batam di
Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Nongsa dengan total populasi 66.116
serta sampel berjumlah 100 responden secara random. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan memberikan pengaruh positif
terhadap keputusan pembelian jasa transportasi online Maxim di Kota Batam
dengan nilai uji T sebesar 3,359 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Begitu pula, E-WOM juga memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai uji T sebesar 4,821 dan signifikansi 0,000 < 0,05.
Kepercayaan juga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keputusan
pembelian, dengan nilai uji T sebesar 3,439 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Selain
itu, kemudahan penggunaan, E-WOM, dan Kepercayaan secara bersama-sama
memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian jasa
transportasi online Maxim di Kota Batam, dengan nilai uji F sebesar 71,388 yang
lebih besar dari 2,470 dan signifikansi 0,000 < 0,05.