Abstract :
Masyarakat Indonesia semakin menunjukkan minat yang meningkat dalam
menggunakan belanja online untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka,
didukung oleh kenyataan bahwa sekarang ini orang-orang memiliki pemahaman
dan kebiasaan yang cukup terkait proses belanja online. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menentukan apakah iklan media digital, kualitas informasi, dan
kepercayaan berpengaruh pada keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan
data primer untuk membuktikan hipotesis, mengumpulkan data melalui
penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota
Batam dengan sampel 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini mencakup analisis kuantitatif, uji statistik deskriptif, uji kualitas
data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis yang diproses
menggunakan perangkat lunak SPSS 27.0. Secara parsial, hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kepercayaan memiliki pengaruh
positif dan signifikan pada keputusan pembelian, sementara iklan media digital
tidak memiliki dampak signifikan pada keputusan pembelian. Secara bersamaan,
hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desain produk, kreativitas iklan, dan
kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian.