Abstract :
Pada saat ini, semakin berkembangnya teknologi membuat perusahaan
menghadapi persaingan antar perusahaan yang semakin ketat. Tentunya dengan
adanya persaingan yang dialami oleh perusahaan mendorong perusahaan untuk
berupaya meningkatkan pemasaran yang mereka lakukan untuk menarik minat
konsumen untuk melakukan pembelian pada perusahaan mereka. Hal tersebut
dilakukan dalam upaya untuk mengoptimalkan keuntungan dan usaha pencapaian
tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa jauh Pengaruh
Influencer Marketing, Citra Merek, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan
Pembelian Pada E-Commerce Blibli.com di Kota Batam. Jumlah sampel yang
diambil adalah 204 responden yang merupakan responden yang menggunakan
aplikasi Blibli.com untuk berbelanja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, t hitung sebesar 12.173 > dari nilai t tabel yakni 1,97190, dengan tingkat
signifikansi dari variabel Influencer Marketing 0,00 < 0,05. Citra Merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, t hitung sebesar
13,817 > dari t tabel yakni 1,97190, dengan tingkat signifikansi dari variabel Citra
Merek 0,00 < 0,05. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, t hitung 14.131 > dari t tabel yakni 1,97190, dengan tingkat
signifikansi dari variabel Kepercayaan 0,00 < 0,05. Kemudian secara simultan
influencer marketing, citra merek, dan kepercayaan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan f hitung sebesar 100,279 > dari f tabel yakni
2,65, yang berada dalam signifikansi 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa influencer marketing berpengaruh secara positif dan signifikan, citra merek
berpengaruh secara positif dan signifikan, kepercayaan berpengaruh secara positif
dan signifikan, dan simultan influencer marketing, citra merek, dan kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Blibli.com
di Kota Batam.