Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth, Daya Tarik
dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Leffindo Jaya Logistic di
Kota Batam yang masing-masing variabel mempunyai permasalahan seperti
pelayanan yang diberikan masih belum terpercaya dan kurang disukai pelanggan.
Ada sebagian masyarakat yang lebih mempercayai Word of Mouth dibandingkan
iklan atau promosi resmi, ada sebagian word of mouth PT Leffindo Jaya Logistic
yang tidak menunjukkan tanggung jawab sehingga menyebabkan kepuasan
pelanggan PT Leffindo Jaya Logistic menurun. Rekomendasi keluarga, teman, dan
mitra bisnis juga dipertimbangkan secara lebih obyektif dan serius oleh calon
konsumen. Jadi jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk menguji
hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Penelitian ini mempunyai populasi
dengan jumlah 100 pelanggan (58 laki-laki dan 42 perempuan) yang diberikan
kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sagulung, Kelurahan Tembesi,
Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel word of mouth, daya tarik dan citra merek
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan dilakukannya
penelitian ini, peneliti berharap dapat membantu perusahaan jasa logistik skala
kecil-menengah untuk mengetahui apa saja kekurangan dari layanannya sehingga
dapat meningkatkan pelayanannya dari lokal hingga internasional, dan lebih
memperhatikan setiap detail kecil untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan.
khususnya PT Leffindo Jaya Logistic, karena sedikit ketidakpuasan dapat membuat
calon konsumennya berpaling dan mencari alternatif pilihan.