Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Putri, Yuni Rezude Nurita
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran
Datestamp
2024-05-17 10:50:06
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pemasaran
langsung, kemudahaan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat beli marine
safety equipment pada PT Hong Yi Indonesia. Populasi dalam penelitian ini
berfokus pada individu yang merupakan konsumen yang telah melakukan
pembelian pada PT Hong Yi Indonesia yang berjumlah 240 konsumen didasari
dari per enam bulan periode tahun 2023. Sampel penelitian yang terdiri dari 150
responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan
rumus Slovin. Proses analisis data termasuk regresi linier berganda yang di uji
dengan mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji
hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa
pemasaran langsung memiliki pengaruh sebesar 15,9% terhadap minat beli.
Kemudahan penggunaan memiliki pengaruh sebesar 35,0% terhadap minat beli.
Kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 42,2% terhadap mintat beli. Analisis
koefisien determinasi (R2
) menegaskan bahwa secara keseluruhan, pemasaran
langsung, kemudahaan penggunaan, dan kepercayaan dapat menjelaskan 85,8%
variasi dalam minat beli. Lebih lanjut, hasil uji t dan uji F menunjukkan bahwa
pemasaran langsung, kemudahaan penggunaan, dan kepercayaan memiliki
pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan
terhadap minat beli marine safety equipment pada PT Hong Yi Indonesia.