Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas produk,
keberagaman produk, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret
Kampung Belimbing.Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif.Populasi adalah individu yang melakukan pembelian di
Indomaret Kampung Belimbing selama tahun 2023, dengan jumlah yang tidak
dapat diketahui dengan pasti.Sebagai metode pemilihan sampel, penelitian ini
menggunakan rumus Lameshow, dan akhirnya, 100 responden dipilih melalui
metode purposive sampling.Analisis data melibatkan regresi linier berganda,
termasuk langkah-langkah seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji
pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan
bahwa kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 24,0% terhadap kepuasan
pelanggan, keberagaman produk memberikan pengaruh sebesar 22,7%, dan citra
merek memberikan pengaruh sebesar 22,2%. Koefisien determinasi (R2
)
menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas produk, keberagaman produk,
dan citra merek dapat menjelaskan sebesar 72,3% variasi dalam kepuasan
pelanggan. Uji t dan uji F menegaskan bahwa kualitas produk, keberagaman
produk, dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara
parsial maupun secara simultan, terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret
Kampung Belimbing.