DETAIL DOCUMENT
Analisis Business Model Canvas dan Penyusunan Strategi Digital Marketing pada PT Multi Teknologi Telematika dengan Metode SOSTAC
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Bipianto, Iwan
Subject
384 Komunikasi Telekomunikasi 
Datestamp
2024-05-20 01:46:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Business Model Canvas (BMC) PT Multi Teknologi Telematika Perusahaan Jasa Penyedia Internet Fixedbroadband dan menyusun strategi digital marketing menggunakan metode SOSTAC. Dalam konteks BMC, fokus penelitian adalah mengidentifikasi elemen kunci dalam model bisnis perusahaan, termasuk segmentasi pasar, proposisi nilai, saluran distribusi, dan sumber daya kunci, untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan mengidentifikasi potensi perbaikan. Selanjutnya, strategi digital marketing disusun dengan pendekatan SOSTAC, mencakup analisis situasi pasar, perumusan tujuan digital marketing, pengembangan strategi, penentuan taktik eksekusi, perencanaan tindakan konkret, dan pengendalian efektif. Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data yang berbeda yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian hasil pengumpulan data tersebut akan di ringkas dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian strategi pengembangan PT Multi Teknologi Telematika melibatkan prioritas pengembangan keterampilan karyawan, optimalisasi website dan hubungan pelanggan, perluasan layanan ke segmen ritel, optimalisasi strategi digital marketing, kolaborasi dengan key partners, manajemen cost structure, peningkatan kualitas website dan media sosial terutama pada Facebook dan Instagram, serta pemantauan kinerja kampanye digital, dan peningkatan keamanan siber produk homynet. Langkah-langkah ini diarahkan untuk meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan keberhasilan pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial Facebook dan Instagram. 
Institution Info

Universitas Putera Batam