Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan simultan Disiplin
dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi sebagai variabel
intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru yang bekerja di
lingkungan Sekolah Dasar Yos Sudarso di kota Batam yang berjumlah 142 orang.
Teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus Slovin dengan
jumlah responden sebanyak 105 orang. Pengumpulan data menggunakan skala
likert. Analisis data menggunakan software SPSS 26. Nilai persamaan 1 nilai
hitung disiplin sebesar -162 < t tabel 1,658. Nilai t hitung variabel lingkunga kerja
1.258 > t tabel 1.658. Nilai t hitung varibel motivasi 5.142 > 1,658. Nilai pengaruh
tidak langsung variabel disiplin melalui motivasi sebesar 0,101 < 0,016 pengaruh
langsung dan nilai pengaruh tidak langsung lingkungan kerja melalui motivasi
sebesar 0,365 > 0,124 pengaruh langsung. Hal ini menunjukkan bahwa variabel
independent secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel
dependen dengan koefisien determinasi sebesar 0,392 (39,2%) dan sisanya sebesar
60,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Variabel
nilai t hitung sebesar 4,699 > t tabel 1,658 dan nilai t hitung variabel lingkungan
kerja sebesar 5,455 > t tabel 1,658. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas
secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel motivasi dengan
koefisien determinasi sebesar 0,478 (47.8%) dan sisanya sebesar 20.4%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.