DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Harga dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online Anggrek di Kota Batam dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sulistyowati, Tussi
Subject
658.4036 Manajemen Pengambilan Keputusan 
Datestamp
2024-05-20 02:08:06 
Abstract :
Indonesia telah menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama akibat dari dampak pandemi COVID-19. Kenaikan tajam dalam tingkat inflasi dan penurunan daya beli masyarakat telah menjadi perhatian serius. Di tengah tren kenaikan harga barang-barang komoditas, terutama di Batam, kepuasan pelanggan dan keputusan pembelian dalam konteks pembelian anggrek secara online melalui platform Grup Jual Beli Bunga Batam telah menjadi subjek perhatian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan path analysis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan SmartPLS4. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 112. Penelitian dilaksanakan antara bulan September hingga Desember 2023. Fokus penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian, dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perilaku konsumen dalam konteks pembelian anggrek secara online. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa harga memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepercayaan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan, pada gilirannya, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, dalam konteks penelitian ini, kepercayaan pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, yang merupakan temuan menarik yang membedakan penelitian ini dari beberapa penelitian sebelumnya. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan bertindak sebagai mediator dalam hubungan antara harga dan keputusan pembelian, serta antara kepercayaan dan keputusan pembelian, menunjukkan adanya mediasi penuh pada kedua hubungan tersebut. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran mereka, dengan menekankan pentingnya harga, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen di platform online. Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan faktor-faktor tambahan seperti demografi dan promosi, sambil mengadopsi teknik analisis yang lebih spesifik sesuai dengan konteks penelitian. 
Institution Info

Universitas Putera Batam