Abstract :
Saat ini sudah tidak asing lagi dengan kata bank, pada saat ini telah semakin
dikenal masyarakat dan sudah berkembang pesat di dunia. perbankan telah
memperkenalkan Internet Banking, Mobile Banking dan ATM untuk
meningkatkan kualitas pelayanan serta mendapatkan kepuasan dalam bertransaksi.
Terlepas dari segala usaha yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi
informasi yang lebih baik dan mudah, teknologi informasi secara umum kurang
diperhatikan dan dimanfaatkan oleh nasabah. Oleh karena itu dibutuhkan
pemahaman akan penerimaan nasabah terhadap teknologi informasi dan
kebutuhan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempermudah
transaksi nasabah di bank yaitu melalui ATM, internet banking dan mobile
banking. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Internet Banking,
Mobile Banking dan ATM terhadap kepuasan nasabah Bank Panin baik secara
parsial dan simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Lapangan (Field
Research). dilihat dari sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Teknik
pengumpulan data menggunakan Kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka.
Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Dan memperoleh responden sampai dengan 377 responden teknik yang
diambil yaitu menggunakan teknik sampling. Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa internet banking, mobile banking dan ATM berpengaruh positif dan
signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah bank panin di kota batam.